Apa yang terjadi?
Batal
5 Menit yang Menginspirasi (2)

Bermajelis dengan Para Ulama - Ustadz Abu Qotadah

  • Yufid TV
  • 0 Komentar
  • Laporkan
  • Laporkan
  • Yufid TV
    Yufid TVDiunggah March 29, 2019

    Majelis ilmu adalah taman Surga, barangsiapa yang ingin melihat Surga maka bersegeralah menuju ke dalamnya. Sebuah taman impian yang menjanjikan, berisi untaian faidah Al-Quran dan As-Sunnah yang menawan. Majelis adalah suatu perkumpulan. Bermajelis dengan para ulama termasuk amalan yang tiada duanya dalam hal kebaikan. Anda dapat mendulang ilmu melalui sumbernya. Inilah Islam yang memperhatikan sanad, jika tidak demikian, maka otomatis setiap orang akan berkata tanpa ilmu. Nyata hal tersebut telah terjadi di masa ini. Adab menuntut ilmu melahirkan keluhuran akhlak yang hakiki. Hukum menuntut ilmu adalah wajib bagi setiap muslim dan muslimah. Belum lagi, manfaat menuntut ilmu yang begitu luar biasa. Tidak sepantasnya seseorang yang mampu untuk lari dari majelis ilmu. Berlari dari kebaikan menuju keburukan (yakni meninggalkannya). Belajar Islam untuk pemula bisa dimulai dengan mempelajari kitab-kitab aqidah dasar melalui bimbingan para ulama Rabbani dan Alhamdulilah geliat dakwah mereka sampai ke pelosok negeri ini. Oleh karena itu, banyak didapati para murid yang kembali ke daerah asalnya dalam rangka berdakwah, menyampaikan kembali, apa yang didapatkan dari gurunya (ulama). Adab dalam majelis ilmu berbeda dengan majelis biasa yang dihadiri semua orang seperti pasar, tempat pelayanan umum, dan semacamnya. Majelis ilmu merupakan tempat mulia, yang semestinya kita ikram terhadapnya. Manfaat majelis taklim yang paling kentara ialah seseorang akan terisi ruhiyahnya dan semakin kokoh dalam keimanan. Barangkali ada yang bertanya, Tolong jelaskan pengertian kewajiban menuntut ilmu? Kewajiban menuntut ilmu dan mengamalkannya adalah tuntutan bagi seorang yang berilmu. Ilmu jika diamalkan akan tetap dan jika dibiarkan, maka akan menghilang dengan sendirinya. Dalil menuntut ilmu telah populer di kalangan publik, apalagi tentang agama Islam ... sudah barang tentu mereka telah menghafalnya di luar kepala. Ilmu agama ISLAM yang wajib dipelajari ada 2 yakni ilmu akidah dan ilmu fikih; bagaimana seseorang akan menghamba dengan baik manakala aqidahnya belum kuat dan bagaimana seseorang akan beribadah (shalat, puasa, zakat) jika ia tidak mengenal fiqih ibadah? Sedikit pemateri menyisipkan kisah ulama di sela-sela pelajarannya, padanya terdapat semangat yakni kisah perjuangan menuntut ilmu. Betapa banyak para ulama telah mengorbankan waktu dan tenaga dalam rangka meraih ilmu. Ketahuilah warisan para NABI yang paling berharga adalah ilmu. Ilmu dan ulama, dua hal yang tidak bisa dipisahkan; apabila tidak belajar, maka ngajar! Subhanallah .. super sekali!

    Info

    Bermajelis dengan Para Ulama - Ustadz Abu Qotadah

    Yufid TV
    Yufid TVDiunggah March 29, 2019

    Majelis ilmu adalah taman Surga, barangsiapa yang ingin melihat Surga maka bersegeralah menuju ke dalamnya. Sebuah taman impian yang menjanjikan, berisi untaian faidah Al-Quran dan As-Sunnah yang menawan. Majelis adalah suatu perkumpulan. Bermajelis dengan para ulama termasuk amalan yang tiada duanya dalam hal kebaikan. Anda dapat mendulang ilmu melalui sumbernya. Inilah Islam yang memperhatikan sanad, jika tidak demikian, maka otomatis setiap orang akan berkata tanpa ilmu. Nyata hal tersebut telah terjadi di masa ini.

    Adab menuntut ilmu melahirkan keluhuran akhlak yang hakiki. Hukum menuntut ilmu adalah wajib bagi setiap muslim dan muslimah. Belum lagi, manfaat menuntut ilmu yang begitu luar biasa. Tidak sepantasnya seseorang yang mampu untuk lari dari majelis ilmu. Berlari dari kebaikan menuju keburukan (yakni meninggalkannya).

    Belajar Islam untuk pemula bisa dimulai dengan mempelajari kitab-kitab aqidah dasar melalui bimbingan para ulama Rabbani dan Alhamdulilah geliat dakwah mereka sampai ke pelosok negeri ini. Oleh karena itu, banyak didapati para murid yang kembali ke daerah asalnya dalam rangka berdakwah, menyampaikan kembali, apa yang didapatkan dari gurunya (ulama).

    Adab dalam majelis ilmu berbeda dengan majelis biasa yang dihadiri semua orang seperti pasar, tempat pelayanan umum, dan semacamnya. Majelis ilmu merupakan tempat mulia, yang semestinya kita ikram terhadapnya. Manfaat majelis taklim yang paling kentara ialah seseorang akan terisi ruhiyahnya dan semakin kokoh dalam keimanan.

    Barangkali ada yang bertanya, Tolong jelaskan pengertian kewajiban menuntut ilmu? Kewajiban menuntut ilmu dan mengamalkannya adalah tuntutan bagi seorang yang berilmu. Ilmu jika diamalkan akan tetap dan jika dibiarkan, maka akan menghilang dengan sendirinya.

    Dalil menuntut ilmu telah populer di kalangan publik, apalagi tentang agama Islam ... sudah barang tentu mereka telah menghafalnya di luar kepala. Ilmu agama ISLAM yang wajib dipelajari ada 2 yakni ilmu akidah dan ilmu fikih; bagaimana seseorang akan menghamba dengan baik manakala aqidahnya belum kuat dan bagaimana seseorang akan beribadah (shalat, puasa, zakat) jika ia tidak mengenal fiqih ibadah?

    Sedikit pemateri menyisipkan kisah ulama di sela-sela pelajarannya, padanya terdapat semangat yakni kisah perjuangan menuntut ilmu. Betapa banyak para ulama telah mengorbankan waktu dan tenaga dalam rangka meraih ilmu. Ketahuilah warisan para NABI yang paling berharga adalah ilmu. Ilmu dan ulama, dua hal yang tidak bisa dipisahkan; apabila tidak belajar, maka ngajar! Subhanallah .. super sekali!

    Belum Ada Komentar
    Yuk mulai tulis komentar kamu
      Langganan untuk bisa berkomentar
      Tulis komentar ...

      Jadwal

      Lifestyle