Apa yang terjadi?
Batal
Tahu Gak Sih Lo?

Keunikan yang Bisa Kamu Lihat saat Galungan di Bali

  • Kompas TV
  • 0 Komentar
  • Laporkan
  • Laporkan
  • Kompas TV
    Kompas TVDiunggah November 10, 2021

    KOMPAS.TV-Galungan merupakan salah satu hari raya spesial bagi umat hindu. Hari raya Galungan adalah perayaan kemenangan dharma (kebaikan) atas adharma (kejahatan). Perayaan ini menjadi magnet tersendiri yang menarik wisatawan untuk berkunjung ke Bali. Untuk mengintip keunikannya, berikut rangkumannya, dikutip dari Kompas.com: 1.rombongan Orang berpakaian Adat Pura akan terlihat dipenuhi oleh orang dengan baju bernuansa putih. Sepanjang jalan menuju pura juga dipenuhi orang yang akan beribadah dan membawa sesaji. 2.Penjor Banyak penjor yang terpasang di depan rumah dan sudut jalanan. Penjor adalah sebuah tiang bambu tinggi, dengan hiasan janur dilengkaapi dengan hasil bumi, buah-buahan, padi, jagung, dan lainnya. 3.Tradisi Ngelawang Barong Tradisi ini dilakukan dengan mengusung barong dan randa berkeliling di luar pura. Ngelawang Barong diyakini bisa menyeimbangkan alam dan menjauhkan manusia dari bala dan bahaya. Biasa dilakukan oleh anak-anak kecil dengan iringan tabuhan gendang dan kenong. 4.Munjung ke kuburan Selama jasad masih dimakamkan dan belum digelar upacara ngaben. Keluarga yang masih hidup wajib mendatangi kuburan keluarganya. 5.Ngelawar Hari penampahan adalah tradisi membuat lawar satu hari jelang hari raya galungan, lawar adalah makanan khas galungan, terbuat dari campuran sayur-sayuran dan daging cincang. 6.Tradisi Ngurek Para pemain menusuk dirinya dengan keris saat berada dalam keadaan kesurupan. Tradisi ngurek bisa disebut debus ala bali. Baca Juga Lengkapi Perayaan Hari Raya Galungan, 6 Kuliner Khas Bali Ini Mesti Ada di https://www.kompas.tv/article/230423/lengkapi-perayaan-hari-raya-galungan-6-kuliner-khas-bali-ini-mesti-ada https://www.kompas.tv/article/230423/lengkapi-perayaan-hari-raya-galungan-6-kuliner-khas-bali-ini-mesti-ada Grafis: Agus Eko Apriyanto Artikel ini bisa dilihat di : https://www.kompas.tv/article/230746/keunikan-yang-bisa-kamu-lihat-saat-galungan-di-bali

    Info

    Keunikan yang Bisa Kamu Lihat saat Galungan di Bali

    Kompas TV
    Kompas TVDiunggah November 10, 2021

    KOMPAS.TV-Galungan merupakan salah satu hari raya spesial bagi umat hindu. Hari raya Galungan adalah perayaan kemenangan dharma (kebaikan) atas adharma (kejahatan). Perayaan ini menjadi magnet tersendiri yang menarik wisatawan untuk berkunjung ke Bali.

    Untuk mengintip keunikannya, berikut rangkumannya, dikutip dari Kompas.com:

    1.rombongan Orang berpakaian Adat

    Pura akan terlihat dipenuhi oleh orang dengan baju bernuansa putih. Sepanjang jalan menuju pura juga dipenuhi orang yang akan beribadah dan membawa sesaji.

    2.Penjor

    Banyak penjor yang terpasang di depan rumah dan sudut jalanan. Penjor adalah sebuah tiang bambu tinggi, dengan hiasan janur dilengkaapi dengan hasil bumi, buah-buahan, padi, jagung, dan lainnya.

    3.Tradisi Ngelawang Barong

    Tradisi ini dilakukan dengan mengusung barong dan randa berkeliling di luar pura. Ngelawang Barong diyakini bisa menyeimbangkan alam dan menjauhkan manusia dari bala dan bahaya. Biasa dilakukan oleh anak-anak kecil dengan iringan tabuhan gendang dan kenong.

    4.Munjung ke kuburan

    Selama jasad masih dimakamkan dan belum digelar upacara ngaben. Keluarga yang masih hidup wajib mendatangi kuburan keluarganya.

    5.Ngelawar

    Hari penampahan adalah tradisi membuat lawar satu hari jelang hari raya galungan, lawar adalah makanan khas galungan, terbuat dari campuran sayur-sayuran dan daging cincang.

    6.Tradisi Ngurek

    Para pemain menusuk dirinya dengan keris saat berada dalam keadaan kesurupan. Tradisi ngurek bisa disebut debus ala bali.

    Baca Juga Lengkapi Perayaan Hari Raya Galungan, 6 Kuliner Khas Bali Ini Mesti Ada di https://www.kompas.tv/article/230423/lengkapi-perayaan-hari-raya-galungan-6-kuliner-khas-bali-ini-mesti-ada

    https://www.kompas.tv/article/230423/lengkapi-perayaan-hari-raya-galungan-6-kuliner-khas-bali-ini-mesti-ada

    Grafis: Agus Eko Apriyanto

    Artikel ini bisa dilihat di : https://www.kompas.tv/article/230746/keunikan-yang-bisa-kamu-lihat-saat-galungan-di-bali

    Belum Ada Komentar
    Yuk mulai tulis komentar kamu
      Langganan untuk bisa berkomentar
      Tulis komentarmu di sini

      Jadwal

      News