Apa yang terjadi?
Batal
Tahu Gak Sih Lo?

Fakta Menarik Bahasa Indonesia, Punya Ratusan Juta Penutur dan Keunikan Ejaan Angka

  • Kompas TV
  • 0 Komentar
  • Laporkan
  • Laporkan
  • Kompas TV
    Kompas TVDiunggah October 28, 2021

    KOMPAS.TV - Bahasa Indonesia merupakan bahasa persatuan seperti yang tertuang dalam teks Sumpah Pemuda. Hari Sumpah Pemuda sendiri jatuh pada tanggal 28 Oktober setiap tahunnya. Dirangkum dari berbagai sumber, simak beberapa fakta menarik Bahasa Indonesia berikut ini: 1. Dipelajari di puluhan negara Melansir Kemendikbud Ristek, per Juli 2021, tercatat sudah ada 30 negara, 76 lembaga, dan 7.683 orang yang mempelajari bahasa Indonesia. Sementara itu, dikutip dari akun Instagram program BIPA (Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing), Bahasa Indonesia dipelajari di 5 universitas terkemuka di dunia seperti Yale University, Amerika Serikat hingga Al-Azhar University, Mesir. 2. Masuk daftar paling banyak digunakan di dunia Indonesia merupakan negara dengan jumlah populasi penduduk terpadat di dunia pada urutan keempat. Berdasarkan fakta tersebut, Ethnologue pada 2020 memasukkan Bahasa Indonesia dalam daftar bahasa yang paling banyak digunakan di dunia, dengan lebih dari 200 juta penutur. Selain itu, Bahasa Indonesia jadi satu-satunya bahasa dari keluarga Austronesian, yang termasuk dalam peringkat 10 besar daftar tersebut. 3. Keunikan ejaan angka Bahasa Indonesia memiliki keunikan ejaan angka, yaitu setiap angka yang mempunyai huruf awal yang sama akan berjumlah 10 apabila ditambahkan. Misalnya, satu dan sembilan yang sama-sama berhuruf depan S, bila dijumlahkan menjadi 10. 4. Penuturnya punya lidah paling fleksibel Penutur asli Bahasa Indonesia dinilai punya kecenderungan lidah yang lebih fleksibel, salah satunya karena logat dan bunyi penutur bahasa indonesia yang terdengar beragam. Hal ini membuat orang Indonesia lebih mudah mempelajari dan berkomunikasi dengan bahasa asing tanpa terdengar jelas logat aslinya. Baca Juga Sumpah Pemuda: Didik Rakyat dengan Pergerakan, Didik Penguasa dengan Perlawanan di https://www.kompas.tv/article/225837/sumpah-pemuda-didik-rakyat-dengan-pergerakan-didik-penguasa-dengan-perlawanan (*) Grafis: Agus Eko Artikel ini bisa dilihat di : https://www.kompas.tv/225945/fakta-menarik-bahasa-indonesia-punya-ratusan-juta-penutur-dan-keunikan-ejaan-angka

    Info

    Fakta Menarik Bahasa Indonesia, Punya Ratusan Juta Penutur dan Keunikan Ejaan Angka

    Kompas TV
    Kompas TVDiunggah October 28, 2021

    KOMPAS.TV - Bahasa Indonesia merupakan bahasa persatuan seperti yang tertuang dalam teks Sumpah Pemuda. Hari Sumpah Pemuda sendiri jatuh pada tanggal 28 Oktober setiap tahunnya.

    Dirangkum dari berbagai sumber, simak beberapa fakta menarik Bahasa Indonesia berikut ini:

    1. Dipelajari di puluhan negara

    Melansir Kemendikbud Ristek, per Juli 2021, tercatat sudah ada 30 negara, 76 lembaga, dan 7.683 orang yang mempelajari bahasa Indonesia.

    Sementara itu, dikutip dari akun Instagram program BIPA (Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing), Bahasa Indonesia dipelajari di 5 universitas terkemuka di dunia seperti Yale University, Amerika Serikat hingga Al-Azhar University, Mesir.

    1. Masuk daftar paling banyak digunakan di dunia

    Indonesia merupakan negara dengan jumlah populasi penduduk terpadat di dunia pada urutan keempat.

    Berdasarkan fakta tersebut, Ethnologue pada 2020 memasukkan Bahasa Indonesia dalam daftar bahasa yang paling banyak digunakan di dunia, dengan lebih dari 200 juta penutur.

    Selain itu, Bahasa Indonesia jadi satu-satunya bahasa dari keluarga Austronesian, yang termasuk dalam peringkat 10 besar daftar tersebut.

    1. Keunikan ejaan angka

    Bahasa Indonesia memiliki keunikan ejaan angka, yaitu setiap angka yang mempunyai huruf awal yang sama akan berjumlah 10 apabila ditambahkan.

    Misalnya, satu dan sembilan yang sama-sama berhuruf depan S, bila dijumlahkan menjadi 10.

    1. Penuturnya punya lidah paling fleksibel

    Penutur asli Bahasa Indonesia dinilai punya kecenderungan lidah yang lebih fleksibel, salah satunya karena logat dan bunyi penutur bahasa indonesia yang terdengar beragam.

    Hal ini membuat orang Indonesia lebih mudah mempelajari dan berkomunikasi dengan bahasa asing tanpa terdengar jelas logat aslinya.

    Baca Juga Sumpah Pemuda: Didik Rakyat dengan Pergerakan, Didik Penguasa dengan Perlawanan di https://www.kompas.tv/article/225837/sumpah-pemuda-didik-rakyat-dengan-pergerakan-didik-penguasa-dengan-perlawanan

    (*)

    Grafis: Agus Eko

    Artikel ini bisa dilihat di : https://www.kompas.tv/225945/fakta-menarik-bahasa-indonesia-punya-ratusan-juta-penutur-dan-keunikan-ejaan-angka

    Belum Ada Komentar
    Yuk mulai tulis komentar kamu
      Langganan untuk bisa berkomentar
      Tulis komentarmu di sini

      Jadwal

      News