Apa yang terjadi?
Batal
Tahu Gak Sih Lo?

Sebenarnya Berapa Jumlah Pasti Kaki dari Kaki seribu?

  • Kompas TV
  • 0 Komentar
  • Laporkan
  • Laporkan
  • Kompas TV
    Kompas TVDiunggah October 25, 2021

    KOMPAS.TV-Beberapa orang mungkin sering menemui hewan ini. Entah ketika di hutan, kebun, atau tidak sengaja masuk ke dalam rumah. Luing, atau kaki seribu masuk dalam filum. Arthropoda dan subfilum Myriapoda (hewan berkaki banyak). Tapi apakah benar hewan ini memiliki jumlah kaki sampai seribu? Melansir Kompas.com, spesies umum kaki seribu memiliki jumlah kaki sekitar 40 sampai 400 kaki. Jumlah kaki yang banyak ini, memungkinkan untuk kaki seribu bergerak cepat masuk ke dalam tanah. Millipede atau kaki seribu mempunyai dua pasang kaki yang terletak pada setiap segmen atau ruas tubuhnya. Jika memang harus sebanyak seribu kaki, setidaknya hewan ini harus punya 500 pasang kaki. Namun lain faktanya, hewan ini hanya memiliki 20 hingga 200 pasang kaki. Dan jumlah kakinya juga tergantung dari spesiesnya. Hal uniknya adalah, jumlah kaki akan terus bertambah seiring pertumbuhan hewan ini. Kaki seribu , saat lahir hanya memiliki tiga pasang kaki. Tapi, setiap proses ganti kulit jumlah kakinya terus bertambah. kenapa kaki seribu memiliki banyak kaki? Mengutip Kompas.com, kaki seribu mengalami proses pelepasan eksoskleton, dan mampu menumbuhkan yang baru. Proses ini disebut molting. Setiap proses ini terjadi, akan menumbuhkan ruas tubuh dan kaki yang baru. Proses ini terus berulang, sampai kaki seribu berusia dewasa. Namun tidak banyak pula yang mengalami proses ini hanya sekitar dua tahun. Baca Juga Ini Penyebab Seseorang Berduka saat Kehilangan Hewan Piaraan di https://www.kompas.tv/article/222265/ini-penyebab-seseorang-berduka-saat-kehilangan-hewan-piaraan https://www.kompas.tv/article/222265/ini-penyebab-seseorang-berduka-saat-kehilangan-hewan-piaraan Grafis: Joshua Victor Artikel ini bisa dilihat di : https://www.kompas.tv/article/225259/sebenarnya-berapa-jumlah-pasti-kaki-dari-kaki-seribu

    Info

    Sebenarnya Berapa Jumlah Pasti Kaki dari Kaki seribu?

    Kompas TV
    Kompas TVDiunggah October 25, 2021

    KOMPAS.TV-Beberapa orang mungkin sering menemui hewan ini. Entah ketika di hutan, kebun, atau tidak sengaja masuk ke dalam rumah. Luing, atau kaki seribu masuk dalam filum. Arthropoda dan subfilum Myriapoda (hewan berkaki banyak). Tapi apakah benar hewan ini memiliki jumlah kaki sampai seribu?

    Melansir Kompas.com, spesies umum kaki seribu memiliki jumlah kaki sekitar 40 sampai 400 kaki. Jumlah kaki yang banyak ini, memungkinkan untuk kaki seribu bergerak cepat masuk ke dalam tanah. Millipede atau kaki seribu mempunyai dua pasang kaki yang terletak pada setiap segmen atau ruas tubuhnya.

    Jika memang harus sebanyak seribu kaki, setidaknya hewan ini harus punya 500 pasang kaki. Namun lain faktanya, hewan ini hanya memiliki 20 hingga 200 pasang kaki. Dan jumlah kakinya juga tergantung dari spesiesnya.

    Hal uniknya adalah, jumlah kaki akan terus bertambah seiring pertumbuhan hewan ini. Kaki seribu , saat lahir hanya memiliki tiga pasang kaki. Tapi, setiap proses ganti kulit jumlah kakinya terus bertambah.

    kenapa kaki seribu memiliki banyak kaki? Mengutip Kompas.com, kaki seribu mengalami proses pelepasan eksoskleton, dan mampu menumbuhkan yang baru. Proses ini disebut molting.

    Setiap proses ini terjadi, akan menumbuhkan ruas tubuh dan kaki yang baru. Proses ini terus berulang, sampai kaki seribu berusia dewasa. Namun tidak banyak pula yang mengalami proses ini hanya sekitar dua tahun.

    Baca Juga Ini Penyebab Seseorang Berduka saat Kehilangan Hewan Piaraan di https://www.kompas.tv/article/222265/ini-penyebab-seseorang-berduka-saat-kehilangan-hewan-piaraan

    https://www.kompas.tv/article/222265/ini-penyebab-seseorang-berduka-saat-kehilangan-hewan-piaraan

    Grafis: Joshua Victor

    Artikel ini bisa dilihat di : https://www.kompas.tv/article/225259/sebenarnya-berapa-jumlah-pasti-kaki-dari-kaki-seribu

    Belum Ada Komentar
    Yuk mulai tulis komentar kamu
      Langganan untuk bisa berkomentar
      Tulis komentarmu di sini

      Jadwal

      News