Apa yang terjadi?
Batal
Tahu Gak Sih Lo?

Apa yang Harus Diperhatikan Sebelum Melakukan Diet Air Putih?

  • Kompas TV
  • 0 Komentar
  • Laporkan
  • Laporkan
  • Kompas TV
    Kompas TVDiunggah October 16, 2021

    KOMPAS.TV - Diet air putih menjadi salah satu pola diet populer di masyarakat, di mana seseorang tidak makan dan minum apa pun selain air putih. Alasan utama seseorang mencoba diet air putih adalah umumnya untuk meningkatkan kesehatan dan penurunan berat badan. Melansir Healthline, beberapa penelitian menemukan bahwa diet air putih berkaitan dengan beberapa manfaat kesehatan, termasuk penurunan risiko kanker tertentu, penyakit jantung, dan diabetes. Namun, diet air putih juga memiliki sejumlah risiko bagi kesehatan, seperti pusing, kelelahan, sulit berkonsentrasi, gangguan pencernaan, defisiensi nutrisi, hingga perubahan tekanan darah yang tidak aman. Dengan manfaat dan risiko kesehatan tersebut, beberapa kelompok sebaiknya tidak mempraktikkan diet air putih tanpa pengawasan medis. Di antaranya yaitu orang dengan diabetes tipe 1 dan 2, penderita GERD, orang dengan gangguan makan, orang dengan berat badan di bawah normal, serta orang tua, wanita hamil, dan anak-anak. Lalu, apa yang harus dilakukan jika mempertimbangkan untuk menjalani diet air putih? Melansir dari Halodoc dan Alodokter, ada beberapa tips untuk mempraktikkan diet air putih. Pertama, konsultasikan terlebih dulu dengan dokter, karena diet ini mungkin tidak aman untuk semua orang. Selain itu, penting untuk melakukan diet sesuai anjuran medis atau di bawah pengawasan ahli gizi. Kemudian, pilih waktu yang tepat untuk memulai program diet, yaitu saat tubuh tidak perlu banyak energi. Untuk diketahui, diet air putih sebetulnya hanya boleh dilakukan mulai dari 24 jam hingga maksimal 3 hari (72 jam). Yang perlu diperhatikan, selama menjalani diet air putih sebaiknya hindari berolahraga terlalu berat agar tidak dehidrasi. Setelah menjalani diet air putih, hindari makan terlalu banyak sekaligus. Hal ini bisa diawali makan lagi secara bertahap, untuk menghindari sakit perut dan gangguan pencernaan yang lain. Baca Juga Minum Air Putih Bisa Turunkan Berat Badan? Ini Aturannya di https://www.kompas.tv/article/123740/minum-air-putih-bisa-turunkan-berat-badan-ini-aturannya (*) Grafis: Agus Eko Artikel ini bisa dilihat di : https://www.kompas.tv/222039/apa-yang-harus-diperhatikan-sebelum-melakukan-diet-air-putih

    Info

    Apa yang Harus Diperhatikan Sebelum Melakukan Diet Air Putih?

    Kompas TV
    Kompas TVDiunggah October 16, 2021

    KOMPAS.TV - Diet air putih menjadi salah satu pola diet populer di masyarakat, di mana seseorang tidak makan dan minum apa pun selain air putih.

    Alasan utama seseorang mencoba diet air putih adalah umumnya untuk meningkatkan kesehatan dan penurunan berat badan.

    Melansir Healthline, beberapa penelitian menemukan bahwa diet air putih berkaitan dengan beberapa manfaat kesehatan, termasuk penurunan risiko kanker tertentu, penyakit jantung, dan diabetes.

    Namun, diet air putih juga memiliki sejumlah risiko bagi kesehatan, seperti pusing, kelelahan, sulit berkonsentrasi, gangguan pencernaan, defisiensi nutrisi, hingga perubahan tekanan darah yang tidak aman.

    Dengan manfaat dan risiko kesehatan tersebut, beberapa kelompok sebaiknya tidak mempraktikkan diet air putih tanpa pengawasan medis.

    Di antaranya yaitu orang dengan diabetes tipe 1 dan 2, penderita GERD, orang dengan gangguan makan, orang dengan berat badan di bawah normal, serta orang tua, wanita hamil, dan anak-anak.

    Lalu, apa yang harus dilakukan jika mempertimbangkan untuk menjalani diet air putih?

    Melansir dari Halodoc dan Alodokter, ada beberapa tips untuk mempraktikkan diet air putih.

    Pertama, konsultasikan terlebih dulu dengan dokter, karena diet ini mungkin tidak aman untuk semua orang.

    Selain itu, penting untuk melakukan diet sesuai anjuran medis atau di bawah pengawasan ahli gizi.

    Kemudian, pilih waktu yang tepat untuk memulai program diet, yaitu saat tubuh tidak perlu banyak energi.

    Untuk diketahui, diet air putih sebetulnya hanya boleh dilakukan mulai dari 24 jam hingga maksimal 3 hari (72 jam).

    Yang perlu diperhatikan, selama menjalani diet air putih sebaiknya hindari berolahraga terlalu berat agar tidak dehidrasi.

    Setelah menjalani diet air putih, hindari makan terlalu banyak sekaligus. Hal ini bisa diawali makan lagi secara bertahap, untuk menghindari sakit perut dan gangguan pencernaan yang lain.

    Baca Juga Minum Air Putih Bisa Turunkan Berat Badan? Ini Aturannya di https://www.kompas.tv/article/123740/minum-air-putih-bisa-turunkan-berat-badan-ini-aturannya

    (*)

    Grafis: Agus Eko

    Artikel ini bisa dilihat di : https://www.kompas.tv/222039/apa-yang-harus-diperhatikan-sebelum-melakukan-diet-air-putih

    Belum Ada Komentar
    Yuk mulai tulis komentar kamu
      Langganan untuk bisa berkomentar
      Tulis komentar ...

      Jadwal

      News