Apa yang terjadi?
Batal
Tahu Gak Sih Lo?

Sulit Bangun Pagi? Ternyata Olahraga Sore Juga Baik Bagi Tubuh, Ini Penjelasannya

  • Kompas TV
  • 0 Komentar
  • Laporkan
  • Laporkan
  • Kompas TV
    Kompas TVDiunggah October 16, 2021

    KOMPAS.TV Berolahraga secara rutin dapat memberikan dampak baik bagi kesehatan dan kebugaran tubuh. Namun bagi sebagian orang, bangun lebih pagi untuk menyempatkan waktu berolahraga adalah hal yang sulit. Lalu, kapan waktu berolahraga yang baik selain di pagi hari? Sebuah studi yang dipublikasikan di Physiological Reports menunjukkan bahwa olahraga sore memberikan hasil yang lebih baik untuk sebagian orang. Dikutip dari CNN, studi tersebut mengamati pria berisiko atau didiagnosis menderita diabetes tipe 2. Peserta studi yang berolahraga di sore hari mengalami lebih banyak manfaat metabolisme dibandingkan peserta yang berolahraga pagi hari. Tak hanya itu, olahraga sore hari juga memiliki lebih banyak efek positif pada kinerja olahraga dan massa lemak. Peserta penelitian mengalami proses pembakaran lemak yang lebih optimal di sore hari. Selain itu, suhu tubuh yang cenderung lebih tinggi di sore hari juga dapat membantu kinerja otot. Di sisi lain, asupan makanan juga dinilai berperan dalam proses pembakaran lemak. Kebiasaan untuk tidak mengonsumsi camilan di sore hari, dan menghindari makan larut malam dapat berdampak besar pada berat badan serta kesehatan. Seperti diungkapkan peneliti studi dan profesor aspek metabolek diabetes tipe 2 di Maastricht University Belanda, Patrick Schrauwen, tubuh memiliki jam biologis yang mengatur banyak proses dalam tubuh. "Jam biologis kita juga mempengaruhi metabolisme dan apakah tubuh kita membakar lemak atau karbohidrat pada waktu-waktu tertentu," ujar Schrauwen. Melansir Healthline, studi lain menyebutkan berolahraga di sore hari dapat mengurangi kemungkinan cedera sekaligus meningkatkan kinerja. Hal ini karena sore hari merupakan waktu ketika detak jantung dan tekanan darah paling rendah. Konsisten berolahraga di waktu tertentu membuat tubuh beradaptasi, dan mendapatkan hasil yang lebih baik. Baca Juga Bacaan Doa ketika Berolahraga agar Badan Sehat Sekaligus Berkah di https://www.kompas.tv/article/217615/bacaan-doa-ketika-berolahraga-agar-badan-sehat-sekaligus-berkah (*) Grafis: Agus Eko Artikel ini bisa dilihat di : https://www.kompas.tv/220369/sulit-bangun-pagi-ternyata-olahraga-sore-juga-baik-bagi-tubuh-ini-penjelasannya

    Info

    Sulit Bangun Pagi? Ternyata Olahraga Sore Juga Baik Bagi Tubuh, Ini Penjelasannya

    Kompas TV
    Kompas TVDiunggah October 16, 2021

    KOMPAS.TV Berolahraga secara rutin dapat memberikan dampak baik bagi kesehatan dan kebugaran tubuh.

    Namun bagi sebagian orang, bangun lebih pagi untuk menyempatkan waktu berolahraga adalah hal yang sulit.

    Lalu, kapan waktu berolahraga yang baik selain di pagi hari?

    Sebuah studi yang dipublikasikan di Physiological Reports menunjukkan bahwa olahraga sore memberikan hasil yang lebih baik untuk sebagian orang.

    Dikutip dari CNN, studi tersebut mengamati pria berisiko atau didiagnosis menderita diabetes tipe 2.

    Peserta studi yang berolahraga di sore hari mengalami lebih banyak manfaat metabolisme dibandingkan peserta yang berolahraga pagi hari.

    Tak hanya itu, olahraga sore hari juga memiliki lebih banyak efek positif pada kinerja olahraga dan massa lemak. Peserta penelitian mengalami proses pembakaran lemak yang lebih optimal di sore hari.

    Selain itu, suhu tubuh yang cenderung lebih tinggi di sore hari juga dapat membantu kinerja otot. Di sisi lain, asupan makanan juga dinilai berperan dalam proses pembakaran lemak.

    Kebiasaan untuk tidak mengonsumsi camilan di sore hari, dan menghindari makan larut malam dapat berdampak besar pada berat badan serta kesehatan.

    Seperti diungkapkan peneliti studi dan profesor aspek metabolek diabetes tipe 2 di Maastricht University Belanda, Patrick Schrauwen, tubuh memiliki jam biologis yang mengatur banyak proses dalam tubuh.

    "Jam biologis kita juga mempengaruhi metabolisme dan apakah tubuh kita membakar lemak atau karbohidrat pada waktu-waktu tertentu," ujar Schrauwen.

    Melansir Healthline, studi lain menyebutkan berolahraga di sore hari dapat mengurangi kemungkinan cedera sekaligus meningkatkan kinerja.

    Hal ini karena sore hari merupakan waktu ketika detak jantung dan tekanan darah paling rendah.

    Konsisten berolahraga di waktu tertentu membuat tubuh beradaptasi, dan mendapatkan hasil yang lebih baik.

    Baca Juga Bacaan Doa ketika Berolahraga agar Badan Sehat Sekaligus Berkah di https://www.kompas.tv/article/217615/bacaan-doa-ketika-berolahraga-agar-badan-sehat-sekaligus-berkah

    (*)

    Grafis: Agus Eko

    Artikel ini bisa dilihat di : https://www.kompas.tv/220369/sulit-bangun-pagi-ternyata-olahraga-sore-juga-baik-bagi-tubuh-ini-penjelasannya

    Belum Ada Komentar
    Yuk mulai tulis komentar kamu
      Langganan untuk bisa berkomentar
      Tulis komentar ...

      Jadwal

      News