Apa yang terjadi?
Batal
Koleksi Terbaru TomoNews Indonesia

Arti dibalik terbangun pukul 3 pagi - TomoNews

  • TOMONEWS INDONESIA
  • 1 Komentar
  • Laporkan
  • Laporkan
  • TOMONEWS INDONESIA
    TOMONEWS INDONESIADiunggah January 22, 2019

    INDONESIA — Apa kalian pernah mengalami saat sedang tidur nyenyak, tiba-tiba terbangun pukul 3 pagi, lalu jantung berdebar kencang, dan merasa gelisah? Jam 3 pagi sendiri sering dikaitkan dengan hal-hal mistis, bahkan disebut sebagai jam setan. Menurut mitos yang beredar, pada “jam setan” makhluk-makhluk gaib seperti hantu, demit, penyihir ada dalam kondisi paling kuat dan sedang melakukan ritualnya. Konon penampakan-penampakan sering terjadi pada jam 3 pagi karena pada saat itu roh-roh sedang berusaha berkomunikasi dengan manusia. Di sisi lain, sebetulnya bangun pada jam 3 pagi bisa dijelaskan secara ilmiah. Jika kita terbangun pada pukul 3 pagi, kemungkinan kita terbangun saat fase REM atau Rapid Eye Movement yang secara harfiah adalah tidur dengan gerak mata cepat. REM adalah bagian dari siklus tidur, ketika kita sedang sangat terlelap dan bermimpi. Fase ini biasanya terjadi setelah periode Non REM atau NREM Dalam periode tidur REM, karena sedang bermimpi, pernapasan menjadi lebih cepat dan tidak teratur, mata bergerak cepat ke segala arah, detak jantung meningkat, dan aktivitas otak meningkat. Fase REM terjadi sekitar 70 sampai 90 menit, dan biasanya terjadi pada pukul 2-4 pagi. Pada umumnya, tubuh akan kembali ke fase NREM dimana otak berada di ambang realita dan bawah sadar. Namun, tahapan tidur tidak selalu terjadi secara berurutan dan kita bisa terbangun setelah fase REM. Itulah kenapa, terkadang kita terbangun tengah malam dengan jantung yang berdebar kencang. Untuk mengatasi terbangun tengah malam, coba tenangkan diri dengan mengatur pernapasan dan minum air putih. SUMBER: https://today.line.me/id/pc/article/Ternyata+Ini+Arti+Ketika+Anda+Terbangun+Dari+Tidur+Jam+3+Pagi-DwX7Lo http://nova.grid.id/read/05900250/sering-dikaitkan-dengan-mistis-ternyata-ini-penyebab-terbangun-jam-3-pagi?page=2 https://www.webmd.com/sleep-disorders/guide/sleep-101 https://www.rebelcircus.com/blog/the-3am-myth-is-it-really-the-devils-hour/2/

    Info

    Arti dibalik terbangun pukul 3 pagi - TomoNews

    TOMONEWS INDONESIA
    TOMONEWS INDONESIADiunggah January 22, 2019

    INDONESIA — Apa kalian pernah mengalami saat sedang tidur nyenyak, tiba-tiba terbangun pukul 3 pagi, lalu jantung berdebar kencang, dan merasa gelisah?

    Jam 3 pagi sendiri sering dikaitkan dengan hal-hal mistis, bahkan disebut sebagai jam setan.

    Menurut mitos yang beredar, pada “jam setan” makhluk-makhluk gaib seperti hantu, demit, penyihir ada dalam kondisi paling kuat dan sedang melakukan ritualnya. Konon penampakan-penampakan sering terjadi pada jam 3 pagi karena pada saat itu roh-roh sedang berusaha berkomunikasi dengan manusia.

    Di sisi lain, sebetulnya bangun pada jam 3 pagi bisa dijelaskan secara ilmiah. Jika kita terbangun pada pukul 3 pagi, kemungkinan kita terbangun saat fase REM atau Rapid Eye Movement yang secara harfiah adalah tidur dengan gerak mata cepat. REM adalah bagian dari siklus tidur, ketika kita sedang sangat terlelap dan bermimpi. Fase ini biasanya terjadi setelah periode Non REM atau NREM

    Dalam periode tidur REM, karena sedang bermimpi, pernapasan menjadi lebih cepat dan tidak teratur, mata bergerak cepat ke segala arah, detak jantung meningkat, dan aktivitas otak meningkat.

    Fase REM terjadi sekitar 70 sampai 90 menit, dan biasanya terjadi pada pukul 2-4 pagi.
    Pada umumnya, tubuh akan kembali ke fase NREM dimana otak berada di ambang realita dan bawah sadar.

    Namun, tahapan tidur tidak selalu terjadi secara berurutan dan kita bisa terbangun setelah fase REM. Itulah kenapa, terkadang kita terbangun tengah malam dengan jantung yang berdebar kencang.

    Untuk mengatasi terbangun tengah malam, coba tenangkan diri dengan mengatur pernapasan dan minum air putih.

    SUMBER: https://today.line.me/id/pc/article/Ternyata+Ini+Arti+Ketika+Anda+Terbangun+Dari+Tidur+Jam+3+Pagi-DwX7Lo
    http://nova.grid.id/read/05900250/sering-dikaitkan-dengan-mistis-ternyata-ini-penyebab-terbangun-jam-3-pagi?page=2
    https://www.webmd.com/sleep-disorders/guide/sleep-101
    https://www.rebelcircus.com/blog/the-3am-myth-is-it-really-the-devils-hour/2/

    Belum Ada Komentar
    Yuk mulai tulis komentar kamu
    Langganan untuk bisa berkomentar
    Tulis komentar ...

    Jadwal

    News